Langsung ke konten utama

TRIP TO JOGJAKARTA Part 2

Day 3

Oke..Dihari ketiga di Jogja ini yang pertama ku kerjain itu jalan2 ke Sunmor. You know? SUNDAY MORNING! PASAR PAGI! Sumpe dah, pertama ku kita Sunmor itu apaan.ahahhahaha XD


Aku berangkat sekitar jam 8-an. Udah lumayan rame sih. Bisa dibilang, itu tempat nongkrongnya mahasiswa n anak2 muda. Tapi ibu2 n para bapak juga gak kalah ikut meramaikan suasana loh.. :)
Yang spesial dihari ini yaitu Ellen, adeknya Nara, ikut juga dalam petualangan kami :)
Di Pasar Pagi kami jalan2, muter2, n finally, cuma makan n beli roti goreng yang enak banget :9
Tapi sayang, aku gak punya foto disini ==



Untuk keluar dari tempat ini n pergi ke keraton, kami naik becak motor ke Kota Baru nyusul mamanya Nara yang lagi jualan di gereja sana. Kenapa kami pilih becak motor? Karena selaen lebih cepet, juga lebih murah. :)
Akhirnya sampe juga di Gereja Kotabaru ato apalah namanya aku lupa..hehehe X


Terus habis itu, aku, Ellen, Nara, mama Nara, om Nara makan di R.M. Handayani. Disana brongkosnya terkenal enak :9 Pak Bondan juga pernah kesana..hehehehe.. (khusus hari ini kami dianter..dianter sampe keraton, habis itu berpetualang sendiri :) )

Rencana sih hari ini aku mau nonton sendratari. Tapi apadaya, gara2 makan dulu jadi sendratarinya udah bubar deh :(( huhuhuhu T.T Kecewa banget pas itu. Tapi yaudahlah..Mau gimana lagi?
Daripada bengong cz keraton belum buka, aku, Nara, n Ellen pergi ke Museum Kereta yang letaknya gak jauh-jauh amat dari keraton.


Disana kita bisa liat kereta2 Sultan dari jaman kuno ireng sampe jaman Belanda. Kalo diitung2 80 persen dari kereta2 ini itu hadiah dari Belanda buat nyogok sultan (adu domba Jogja n Solo). Istilahnya mempengaruhi gitu. Jahat ya penjajah kita. Orang kakak adik diadu domba sampe perang gitu. == Tapi akhirnya dua bersaudara ini mau bagi wilayah dengan ditandatanganinya
Perjanjian Giyanti.
Oh ya, di Museum Kereta ini kami juga liat kereta yang pernah dinaiki sama Putri Diana n her husband :) Aku baru tau lo ternyata Lady D juga pernah ke Jogja..hehehehe XD
Setelah kami puas liat- liat di Museum Kereta, kamipun jalan kaki ke Keraton Jogjakarta. Harga tiket disana itu Rp 5000. Murah ya..Disana juga banyak lo turis asing, gak cuma warga domestik aja.

Nah, sampe dip pintu depan, aku liat ada seorang bapak yang lagi duduk seorang diri.
Terus aku bilang "Sendirian aja pak? Mau saya temenin?" ahahahaha ya gak lah XD
Aku tanya ke si bapak "Pak kalo mau tau "keraton" gimana?"
Kata si bapak "Ya nyewa guide tho"
Aku : "Ya udah..Bapak mau temenin saya gak? Bapak guide kan?"
Bapak : "Oke..Ayo masuk"
Nah....ini fotoku bersama si bapak yang ternyata bernama PAK HADI XD

Jalan- jalan sama Pak Hadi tu ternyata asik banget. Ternyata dia itu dari Tangerang dulunya (pantesan aja kaga medok) XD Orangnya gokil banget serius. Aku, Nara, sama Ellen ngakak2 terus bareng sama si bapak. Asik banget kalo diajak cerita. Dia apal mati tu sama sejarah keraton (ya iyalaah...udah 30 taon gitu jadi pemandu). Terus kami dibawa jalan- jalan ke Kesatrian (tempat buat cowo) n ke dalem museum yang ada di Keraton. Oh ya, Pak Hadi itu termasuk guide senior !Bahasa Inggris n Jepangnya lumayan jago lho! Dia sih biasanya nerangin turis2 asing. Beruntung banget kita!!Dia yang apes ketemu kita2 yang cerewet ini.. ahahahaha :)) Wah, pokoknya Pak Hadi ini berkesan bangetlah buat kami ^^



O oww!! Gak kerasa Keraton udah mau tutup! Kami tetep kuekuh gak ma balik. Masih pingin muter2 bareng Pak Hadi (kayaknya ngefans banget yak) XD wkwkwk.
Pak Hadi : "Ayo mbak! Ini keraton udah mau tutup! Cepetan"
Aku : "Masak Pak? Bukannya baru sebentar ya?"
Pak Hadi : "Sebentar apanya orang situ udah muterin sejam lebih"
Aku : "Hah?!! Ah biar si Pak...Bapak kan pemandu. Jadi kalo dikunciin tinggal gedor2 sambil teriak- teriak. Buahahahahha!! Please Pak bentar lagiiiiii aja (ngeyel)"
Pak Hadi, Nara, n Ellen : hahahahahaha......bener juga yaak -_- XD
Akhirnya kita bentaran lagi didalem keraton sambil liat2 lukisan juga.

Perpisahanpun tak dapat ditunda lagi............................
Aku, Nara, Ellen : "Pak, makasih ya! :) "
Pak Hadi : " Iya, sama- sama..Nanti maen kesini kita ndongeng2 tentang wayang yaa!"
Aku, Nara, Ellen : "Iya Pak..Pasti dong!!hehehehe..Oh ya ini ada sedikit dari kami. Maaf Pak..cuma segini..(menyerahkan selembar 20rb)"

Inilah asiknya jadi anak2. Bayar dikit dimaklumi. Gak papa..Hohohohoho XD Bukannya pelit, tapi kocek pelajar sangatlah terbatas. Apalagi dari duit tabungan. -_- Seandenya bonyok itu presiden. Pasti udah kami kasi banyakan. wkwkwkwk UNTUK ITU, KELILINGILAH DUNIA SEDINI MUNGKIN XD

Nara : "Pak, kalo mau ke Tamansari gimana ya?"
Pak Hadi : "OOOOOO!! DEKAT DARI SINI (semangat banget keliatannya -_-) Tinggal jalan luruuuuuuuuus aja...ntar sampe kok"
Nara : "Oke pak..Makasih yaa :) "
Nah, habis itu kami langsung jalan ke Tamansari. Kami jalan...jalaannn.....jalaaaan.......
Buset dah.... Deket apaan?!! 10 menitan belom juga ada tanda2 Tamansari udah deket.
Akhirnya kami bertiga sampe dibunderan n mutusin nanya jalan ke orang2 disekitar situ.
PUJI TUHAN HALELUYAA!! Ternyata ada seorang bapak setengah baya lebih yang tau jalan kesana yang setelah kami kenalan, namanya Pak Ahmad.
Pak Ahmad : "Mau kemana mbak? Ke Tamansari? Kebetulan saya orang sini.."
Aku : "Iya, pak.. Daritadi udah muter2 cuma gak tau jalan nih. Kata pemandu keraton deket, tapi kok gak nyampe- nyampe yah?"
Pak Ahmad : "Tamansari ya lumayan jauh to dari keraton -_-. Yaudah saya anter aja"
Kami : "Oalah si Pak Hadi -_- Untung kita ketemu bapak.Kalo engga udah nyasar. Ya udah deh, Pak"
Yaudah deh..Waktu itu tu gak ada satupun pikiran negatif dari kami semua. Cuma modal percaya aja. Gak ada pikiran bakal disasarin, diculik, dsb n percaya Tuhan selalu menyertai :)
N ternyata bener deh, selama perjalanan di Jogja 5 hari ini gak ada satu orangpun yang njahatin kami :) Mulai dari Pak Ahmad, Pak Candra, sampe Pak Giyanto si tukang becak motor yang akan aku bahas nanti ^^ Orang Jogja itu mayoritas jujur2 semua :D
.
.Balik lagi ya OTW TO TAMANSARI :)
Buset dah Pak Ahmaaaaaad! Tua2 begitu jalannya kuat benjed. Ini anak muda2 kaki udah pada teol. wkwkwkwk..Jalannya masuk kampung, lewat gang, mblusuk2..wew~
Setelah sekitar 20 menitan, bukannya nyampe ke Tamansari, kami sampe di Masjid Bawah Tanah
Lho..lho... Oalaah!! Ternyata masjid yang aku cari2 disini to -_- masuk kampung dulu jalannya.. Kebetulan banget!! Thanks Pak Ahmaad :*
.
Oh ya, Masjid ini tu dulu sekaligus digunain buat pura juga. Dulu umat Hindu- Budha- Muslim itu rukun abis. Toleransinya gede :) Gak kaya sekarang -_- Pada perang sendiri- sendiri :( Seandenya Indonesia masih kayak dulu rukunnya.. Eh, hampir lupa aku. Masuk kesini gak usah bayar tiket kok. Seikhlasnya aja :)

.



Nah, biar ni postingan cepet selesai. Singkat cerita habis dari Masjid Bawah Tanah, kami diajak jalan lagi sama Pak Ahmad ke galeri lukisan kakaknya (gak tau kakak aslinya apa bukan -_-)
Aku nyaranin nih ke temen2, kalo mau beli lukisan batik jangan di Tamansari. Mahal banget! Disini 20- 25 ribu. Disana 90 ribu! Aku udah buktiin ==" Terus disana kami liat2 lukisan deh :) Keren2 serius! Yang bikin ternyata anak2 situ.

Me with Pak Ahmad :)
Cuma disana aku gak beli sih. hehehe

Nah, habis dari galeri lukisan, Pak Ahmad nganter kami ke Tamansari. Walo jauh kami bersyukur jalan kaki daripada naik becak, udah mahal, diputer2in pula..Kami seneng jalan kaki disitu gara2 disana banyak galeri, digang2 sempit gitu. Terus ada tempat pembuatan batik. Oh ya, Pak Ahmad itu baik banget. Dia gak nuntut bayaran :)

FINALLY!! WELCOME TO TAMANSARI!! BUAHAHAHAHAHAHA!! :DDD

Tapi yang bikin aku sedih banget tu, petugas Tamansari itu korupsi!! Tau kenapa?! Harusnya kan harga tiket buat warga domestik 1 nya 3000. Yang asing baru 7000. Nah kami bertiga disuruh bayar yang buat turis asing. Akhirnya kami bayar tuh 21 ribu. Padahal udah jelas2 aku ngomong pake Bahasa Jawa coba! :s Oke aku terima. Tapi yang bikin dongkol, kami cuma dikasi 1 tiket 3000an. Harusnya kan dapet 3 x 7000. DELAPAN BELAS RIBU masuk deh tu kekantongnya dia. Bukan masalah harga ya buat aku. Cuma KEJUJURAN. Aku tu paling benci kalo liat orang didepan mataku tu terang2an korupsi n aku gak bisa ngapa2in. Akhirnya dengan emosi yang berapi- api aku minta tuh 3 tiket. Eh malah si bapak marah2. Kita malah jadi adu mulut sebentar. Terus dia nyerah n kasi 2 lagi tiket yang 3000an. Bodo amat walo gak kasi yang 7000 yang penting aku dah bikin malu dia didepan orang2..hohohoho :P

Ah males bahas si tukang korup itu lagi. Mendingan njelasin tentang Tamansari :)
Jadi si sultan ngelempar bunga dari atas, terus direbutin para selir n permaisuri yang lagi mandi dibawah. Nah, yang dapet bunganya, ntar nemenin si sultan buat malem itu :) Katanya Pak Ahmad si...wkwkwkwk

Semua hasil foto ini adalah jepretan Pak Ahmad yang belom pernah megang kamera :)

Simbol kerukunan Hindu- Muslim
Melati : Muslim
Burung : Hindu :)
Habis dari Tamansari, kami langsung pergi ke Gembira Loka naik TJ. Sayang, belom lama disana hujan turun dengan derasnya n kami terpaksa pulang :( :S BT banget deh..udah bayar 15 ribu 1 orang ==zzz


Habis dari Gembira Loka, kami diajak mamanya Nara makan di Angkirngan Mangkubumi, depan HSG Jewellery. Enak tenaan :9 Tempe bakar, teh panasnya. Aduuuh!! Pas ujan2 lagi makannya. O ya, disini banyak menu kok. Nasi plus rica2 ayam/tongseng/sambel teri/nasgor, seingetku si itu, tapi masi banyak yang laen kok :9 nyaaaam!!




Terus aku nyobaik kopi Jos!! :9 Kopi yang dicelupin areng itu si..Ternyata areng itu buat ngurangin kafein. Baru tau aku dari yang jual..hehehehe :9



Inilah perjalananku hari ke 2 di Jogjakarta... :) Sekiaaaan ^^





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mata Asing

Waktu kita berbaring di atas gemerlapnya pasir pantai malam itu , tiba- tiba kamu mengajukan pertanyaan yang selama ini masih terus kucari jawabannya; "Apa cita- citamu?" "Banyak", cuma itu saja jawabku, karena terlalu susah menjelaskan kalau aku punya segudang cita- cita gila. Misalnya, kerja di NatGeo, jadi penulis, bikin museum dongeng, tourguide , dsb. Singkatnya, banyak! Jujur, aku tidak tahu apa yang benar- benar pandai kukerjakan. Aku bahkan juga bingung kenapa aku belajar mandarin! Jadi, keinginan di atas sepertinya mustahil. Untuk beberapa saat, kita terdiam dalam keheningan sambil menatap lautan bintang yang sepertinya kurang cahaya, bersimpati pada jiwaku yang muram. Aku menoleh memandang matamu yang sedang mengangkasa, mencoba menerka apa yang kamu pikirkan. Mungkin cita- citamu, atau mantan yang baru mencampakkanmu bulan lalu. Setidaknya, sinar bulan puranama yang berpendar dikedua mata besar nan indah itu memberitahuku bahwa aku tak sendiri. Kita

Wawancara dengan Sarwendah Kusumawardhani :)

Pada kesempatan kali ini, saya dan teman saya berkesempatan mewawancarai Sarwendah Kusumawardhani, mantan pemain bulutangkis nasional yang kami temui di tempat pelatihannya di GOR SARWENDAH, Jalan Balai Rakyat. Berikut perbincangan kami. P : Selamat sore, tante. Boleh kami minta waktu sejenak untuk wawancara? J : Oh, iya. Silahkan. P : Sejak kapan tante mulai tertarik dengan dunia bulutangkis? J : Tante mulai tertarik main bulutangkis sejak umur 9 tahun. Kemudian tante mulai belajar diusia 10 tahun, dan mulai bersungguh- sungguh bermain waktu umur 15 tahun saat tante kelas 3 SMP. P : Apa yang membuat tante tertarik dengan dunia bulutangkis ? J : Tante kepengen kayak kakak tante. Dia juara bulutangkis, bahkan kakak sering dikirim keluar negeri dan ikut lomba bulu disana. Tante itu terinspirasi dari kakak. Selain itu kan, orang tua tante kan juga pemain bulutangkis. P : Oooh..Gitu ya. Apa orang tua mendukung tante ? J : Dukung ban

Promnight SMAK 7 BPK PENABUR 2013-2014, 16 Mei 2014

Ah gila! Gak kerasa SMA udah mau selesai (walopun hari ini belom tau sih lulus apa engga). Tiba- tiba udah prom aja. Nah, karena hari ini Jeje masih di Singapur, jadi iik gak nganter dan aku cari tebengan. Seperti biasa, ada dua kandidat, Geraldi dan Ryan. Tapi, berhubung aku deket sama Esther (yayangnya Aldi), jadilah Geraldi yang jadi korban. Hahahaha XP Sebenernya, promnya mulai jam 6. Tapi, namanya juga nebeng, aku ke salon nunggu Esther. Kata Esther sih, Geraldi bakal jemput dia jam 3 sore. Takut macet. Biasa... Jakarta gituloh.. -_- Jam setengah tiga aku udah sampe di My Salon dan Ester lagi didandanin. Eh, disitu aku juga ketemu sama beberapa temen SMAK 7 lainnya. Feli, Seli, & Meryl. Walah.. Pada nyalon disitu toh... Jam tiga Eteng udah selesai dandan, dan kalian tau berapa harganya?!!! 425 ribu! Aku sampe kaget! Lebih- lebih Esther. Padahal cuma rambut sama make up PAC doang. Wow~ Habis salonku buat wisuda cuma Rp 135.000 (make up sama rambut). Sekarang udah jam set