Langsung ke konten utama

Field Trip SMAK 7 BPK Penabur XI IPS 2012/2013, Setu Babakan :)


Setelah selesai berkunjung ke Museum Bank Indonesia, aku dkk pergi ke Pusat Budaya Betawi di Setu Babakan, Depok. Begitu sampe, aku langsung turun dari bis dan disana ada danau! Aku langsung turun  dan motret danaunya. Tapi sayang, fotonya jelek semua gara2 diambil pas jam 12 siang ==" Keterangan...padahal f-nya udah ditutup.

Karena frustasi, aku makan jajan pasar yang udah disediain sama pengelola tempat ini,..
Lumayan lah... :) Terus aku turun lagi, eh ketemu sama Juli dkk..


                                                       Julius, me, Geraldi, n Henry :)

Nah, ini yang kocak.. Waktu kami lagi duduk2 gini, eh tiba2 si Julndut bilang,..
"Ehm..Khouw, tolong dong.."
"Tolong apa?"
"Nih uang..tolong beliin balon disana.."
"Hah?Ahahahaha!! Kenapa ga beli sendiri?!"
"Aku malu..."
"Yaudah sini..(sambil ngakak).."


Nyamperin tukang balonnya...
"Pak, itu satu berapa?"
"3 ribu neng...2 lima ribu"
"(Teriak dari jauh) Juliuss!!! Satu ato dua?!"
"Satu aja deh Khouw"
"Yang ijo ya..."
"Ini Jul..Dasar lo masa kecil kurang bahagia.."
*Julius, Geraldi, n Henry ketawa ngakak"









Nah, ini adalah salah satu ekspresi kebahagiaan Julius dengan "Balon Sabun"nya..ahahaha.
Kontan, semua temen yang liat Julius pada ngetawain dan mungkin bergunjing..Bahkan, Audrey yang liat aku beliin balon buat Julius ngira aku pacarnya -_-" Ya gak mungkin lah!

Tapi, tanpa diduga2, anak cowo yang biasanya di sekolah stay cool n jaim, ngerubungin Julius n rebutan pengen niup..Apa banget coba? Jadi, semuanya pada MKKB tuh ceritanya? ahahahaha XD 

Ini adalah ekspresi kebahagiaan anak2 SMAK 7 yang pada masa kecilnya kurang bahagia atau MKS (Masa Kecil Suram) LOL XD Sebenernya banyak banget, cuma sayang ga kefoto -_-

 Nico


Epen







Tiba- tiba ada suara... "ANAK2 SMAK 7 KUMPUL! MAU ADA ACARA PEMBUKAAN!"
Aku n temen2 langsung duduk didepan tribun, terus ada pertunjukan Gambang Kromong yang super badai! OMG! I'll do anything to protect our culture -3- Habis itu, ada Tari Lenggang Nyai, sama lagu Gerimis Aje atoapalah itu..Pokoknya I LOVE IT! ^^
Dan disana aku baru tau, ternyata kebudayaan betawi itu ada pengaruh Cinanya juga... -3-






















Mereka adalah anak muda dari Sanggar Kesenian Betawi. Dan tempat ini didirikan oleh Gubernur Sutiyoso..Kurang lebih 10 tahun yang lalu dan mengalami banyak renovasi..Salut deh sama pemerintah :D ^^b

Nah, setelah itu, kami dibagi jadi 5 kelompok. Terus kami liat pembuatan bir pletok.. 
Ini dia bahan2 nya! Mirip wedang jahe... Cuma aku lebih suka wedang jahe..Bir pletok itu terlalu pedes menurutku, tapi lebih kaya rasa :D
Nah bahan2nya itu ada gula, garem, kapulaga, lada, cabe jawa, jahe, sereh, pandan, kayu manis, pala, cengkeh,sepotong kecil kayu kalimantan (kata Ibu nya yang bikin sekilo harganya 400rb! Buset dah), serutan kayu secang (untuk pewarna), dan tentunya air..

1. Nah, semua bahan dimemarkan (digeprek) kecuali kayu secang, garam, gula itu terakhir..
2. Masukkin ke air mendidih n rebus selama setengah jam
3. Saring biar bersih
4. Masukkin kayu secang selama 5-7 menit (kalo kelamaan nanti Bir Pletoknya jadi item n pait)
5. Masukkin garem n gula
6. Dibotolin, tapi jangan ditutup dulu..terus direbus setengah jam
7. Tutup botolnya, rebus setengah jam lagi..

Lama ya? -_- Akhirnya Bir Pletokpun siap! Bisa diminum panas/ dingin n menyehatkan badan! :)
Kalo bir alkohol merusak badan, tapi bir ini malah bikin sehat...
Terusss...Kenapa disebut Bir Pletok??? Ternyataaa...Disebut bir karena warnanya kaya bir dan bisa berbusa... "Pletok" , soalnya kalo kita kasi es batu bisa meletup2 gitu...
Oh ya..Kalo mau beli, sebotol harganya Rp 13.000...

Habis liat cara pembuatan Bir Pletok, kami jalan ke pos 2 yaitu...Belajar main Gambang Kromong n Nari Betawi! :D Baru tau..ternyata nama sebagian alat musik Gambang Kromong itu pake nama Cina..Dan sebagian besar alat2nya mirip Gamelan dari Jateng..Cuma ternyata, beda nadanya..






















































Nah, setelah diterangin nama2 alat musiknya...Yang cewe2 belajar nari betawi n aku langsung minta belajar "bonang" (lupa nama betawinya) Terus main lagu apa juga lupa, pokoknya ada 4 bait..Susah sih kebalik2 mulu..Tapi sebenernya gampang #gimanasih -_- Tapi keren!!!! Makasih bang yang udah ngajarin!! ^^ Aye makin cinte!!!! Badaiii!!! LOVE INDONESIAAA!!! That's why I wanna be a ambassador!! -3- Bisa gak yaaa?Haduuuh.. U.U

Sayang waktu berlalu begitu cepat..Belum selesai main, eh kami udah dipanggil ke pos 3..Yaitu, BIKIN KERAK TELOR!! Yaampuun!! Enak banget! Bisa nambahin ebi n bumbu sebanyak2nya XD wkwkwkwk Kami dijatah 5 porsi, terus dimakan rame2... Bahan2nya itu ada ketan, telor, ebi, kelapa, garem, n lada... Terus kalo udah agak kering, wajannya dibalik... Habis itu, di serok n dikasih bumbu sama bawang goreng..Gilaaa enak makss!! Kerak telor terenak yang pernah kumakan <3 nbsp="" p="">


Bahagia banget pak? :)




Balik wajannya...dibalik nak..dibalik..

Ini diaaa!!! :9 Super delicious! :9

Kerak telornya enak banget ya pen?wkwkwkwk Muka lo bahagia banget sih?

Setelah semuanya kenyang dan bahagia, kami berangkat ke tempat pembuatan dodol..Disini kami bisa nyobain dodol, LANGSUNG DARI WAJANNYA! XP jorok, but lezat :9 Aku yang biasanya gasuka dodol disini bisa makan dengan nikmat...Rasanya persis wajik, cuma teksturnya lembek. Enakan wajik kalo menurutku..hehehehe..Kalo mau beli bisa..Selonjor cuma Rp 10.000..Murah lah..daripada bikinnya? Gila banget! Harus diaduk selama 7 jam!!!! Nontstop!! -_-
Karena kepo, aku tanya sama mbaknya.."Mbak, kenapa ga pake mesin aja sih? Kan capek.."
"Nanti rasanya beda dek..lebih enakan yg tradisional gini"
Olaaaaaah...Tiba2 ada ide untuk sedikit "menghina" Julius...
"Jul! Sana lu ngaduk dodol! Biar berotot kaya abangnya..gausah fitness mahal2"
Eeeh..Dia cuma senyum2..terus ngomong satu kata "Males Khouw.."
"Capek deeeh..Pantesan kamu gendut"

Ini dia keperkasaan mbak n masnya yang ngaduk...Aku dkk banyak yg nyoba ngaduk, cuma satu adukan aja nyeraaah!!!Anak cowo juga pada nyerah! Berat maksss!!! BERAT BANGEEET NGET NGET

Lihatlah ototnya.. -_-

Ga kerasa udah jam setengah 3...Sebenernya sih udah waktunya pulang..Tapi kami masih kurang 1 pos lagi, yaitu Bikin ONDEL2! :D Terpaksa pulangnya molor deh.. Nah, inilah hasil kreasi kami :) Sori kalo hasilnya agak maksa XD 

                  


Me and Thalia^^































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mata Asing

Waktu kita berbaring di atas gemerlapnya pasir pantai malam itu , tiba- tiba kamu mengajukan pertanyaan yang selama ini masih terus kucari jawabannya; "Apa cita- citamu?" "Banyak", cuma itu saja jawabku, karena terlalu susah menjelaskan kalau aku punya segudang cita- cita gila. Misalnya, kerja di NatGeo, jadi penulis, bikin museum dongeng, tourguide , dsb. Singkatnya, banyak! Jujur, aku tidak tahu apa yang benar- benar pandai kukerjakan. Aku bahkan juga bingung kenapa aku belajar mandarin! Jadi, keinginan di atas sepertinya mustahil. Untuk beberapa saat, kita terdiam dalam keheningan sambil menatap lautan bintang yang sepertinya kurang cahaya, bersimpati pada jiwaku yang muram. Aku menoleh memandang matamu yang sedang mengangkasa, mencoba menerka apa yang kamu pikirkan. Mungkin cita- citamu, atau mantan yang baru mencampakkanmu bulan lalu. Setidaknya, sinar bulan puranama yang berpendar dikedua mata besar nan indah itu memberitahuku bahwa aku tak sendiri. Kita

Wawancara dengan Sarwendah Kusumawardhani :)

Pada kesempatan kali ini, saya dan teman saya berkesempatan mewawancarai Sarwendah Kusumawardhani, mantan pemain bulutangkis nasional yang kami temui di tempat pelatihannya di GOR SARWENDAH, Jalan Balai Rakyat. Berikut perbincangan kami. P : Selamat sore, tante. Boleh kami minta waktu sejenak untuk wawancara? J : Oh, iya. Silahkan. P : Sejak kapan tante mulai tertarik dengan dunia bulutangkis? J : Tante mulai tertarik main bulutangkis sejak umur 9 tahun. Kemudian tante mulai belajar diusia 10 tahun, dan mulai bersungguh- sungguh bermain waktu umur 15 tahun saat tante kelas 3 SMP. P : Apa yang membuat tante tertarik dengan dunia bulutangkis ? J : Tante kepengen kayak kakak tante. Dia juara bulutangkis, bahkan kakak sering dikirim keluar negeri dan ikut lomba bulu disana. Tante itu terinspirasi dari kakak. Selain itu kan, orang tua tante kan juga pemain bulutangkis. P : Oooh..Gitu ya. Apa orang tua mendukung tante ? J : Dukung ban

Promnight SMAK 7 BPK PENABUR 2013-2014, 16 Mei 2014

Ah gila! Gak kerasa SMA udah mau selesai (walopun hari ini belom tau sih lulus apa engga). Tiba- tiba udah prom aja. Nah, karena hari ini Jeje masih di Singapur, jadi iik gak nganter dan aku cari tebengan. Seperti biasa, ada dua kandidat, Geraldi dan Ryan. Tapi, berhubung aku deket sama Esther (yayangnya Aldi), jadilah Geraldi yang jadi korban. Hahahaha XP Sebenernya, promnya mulai jam 6. Tapi, namanya juga nebeng, aku ke salon nunggu Esther. Kata Esther sih, Geraldi bakal jemput dia jam 3 sore. Takut macet. Biasa... Jakarta gituloh.. -_- Jam setengah tiga aku udah sampe di My Salon dan Ester lagi didandanin. Eh, disitu aku juga ketemu sama beberapa temen SMAK 7 lainnya. Feli, Seli, & Meryl. Walah.. Pada nyalon disitu toh... Jam tiga Eteng udah selesai dandan, dan kalian tau berapa harganya?!!! 425 ribu! Aku sampe kaget! Lebih- lebih Esther. Padahal cuma rambut sama make up PAC doang. Wow~ Habis salonku buat wisuda cuma Rp 135.000 (make up sama rambut). Sekarang udah jam set