Langsung ke konten utama

Taroko - Hualian 太魯閣-花蓮

Berbekal arikel dari sebuah blog berbahasa inggris, akhirnya aku & temenku nyoba praktek langsung ke Hualien lewat Luodong (羅東). Lewat sini jauh lebih murah daripada naik kereta cepet. Tiketnya cuma 209元. Emang sih, ga bisa pesen tempat duduk. Tapi kami bisa liat2 pemandangan xD. Pelan- pelan diliat dan diresapi #asiik. Tapi ga lelet2 amat kok sebenernya, cuma sekitar 3-4 jam. Caranya aku ringkas aja biar gapusing :
1. Pagi2(kalo bisa jam 7) udah nyampe MRT Taipei City Hall, terus beli tiket kombo ke Hualien.
Rutenya : Taipei - Luodong (bis). Luodong - Hualien (kereta). Dengan naik ini kita motong jalan sekitar 40km dibanding naik kereta cepat.
Kenapa pagi? Supaya bisa dapet tempat duduk. :P
Kalo ga ngerti cara belinya, tunjukkin foto ini aja. Petugasnya pasti ngerti :D


Tenang aja, bis dari Taipei - Luodong ada setiap 10- 15 menit ^^. Untuk keretanya, bisa dicek jadwalnya lewat google. Kalo mau balik, caranya sama. Bisa beli tiketnya di stasiun Hualien.
Oh iya, kalo kalian ngerasa keretanya terlalu lelet, tiket kereta yg sebelah kiri itu bisa dituker pake tiket kereta cepet. Bayar aja selisihnya. Misal tiket kereta cepet harganya 200, jadi tinggal bayar 100 gitu. (200 - 100) :D
Nah, aku sampe di Stasiun Hualien jam 12 siang, terus beli pass Shuttle Bus. Aku beli karena bisa dipake jalan sepuasnya asal masih di wilayah Hualien. nb: gaberlaku buat bis umum.
Pass 1 hari : 250NT
Pass 2 hari : 400NT
Aku beli yang 400NT karena bakalan dua hari di Hualien dan gatau jalan. Jadi, nyoba dulu aja....hehehehe..
Jam setengah satu kamipun jalan ke Taroko (太魯閣). Kira- kira satu jam kemudian, kami sampe. Tapi karena jalannya kesiangan ga sempet muter kesemua tempat. Kalo mau ke Taroko sebaiknya hari kedua dari pagi, biar puas... Menurutku Indonesia jauh lebih bagus. Taroko terlalu abu- abu. Tapi biar gak penasaran, ga ada salahnya liat.






 


   
Oiya, ini aku kasih jadwal bis di Tarokonya.. Foto pertama, berangkatnya. Foto kedua, pulangnya.



Pertamanya aku gabisa baca tabelnya. Pusing. Bingung. Tapi akhirnya bisa juga.. Biar gampangnya, kalo diem di satu tempat baca kesamping, kalo mau pindah tempat baca kebawah. hehehe..
Hari kedua, aku pake jadwal lain. Tapi udah ilang entah kemana. Pokoknya hari itu aku ke Pabrik Gula. Kata temenku, disini es krimnya terkenal. Banyak banget pilihan rasanya! Sampe2 rasa mustard juga ada (tapi gaenak)-_-.  Mungkin karena lagi panas2nya, level enaknya nambah seribu kali XD Disana kita juga bisa belanja. Banyak banget toko oleh2 khas aborigin dan Taiwan. :D


Ini dia es rasa rum! Enak banget dan cuma 45NT. Es F**ily M*rt dan S*ve*? Lewaaaaaaaaaaaaat... :999
Abis dari sini, kami rencananya mau liat festival balon udara. Tapi karena kepagian, balonnya belom ada.. -_- Terpaksa kami melakukan hitchhike alias nyetop sembarang mobil yang lewat. Untung ada yang mau berhenti dan nganter kami ke Danau Liyu.


Bagi yang mau nyewa sepeda air ini bisa sewa dengan harga 150NT sampe puas. Ada juga yang pake mesin, kalo gasalah 600an deh. Kata orang, udang disini terkenal. UDANG IDUP2an ternyata! Ga pake dimasak langsung dimakan..Hiuuuhh.. Aku ga nyoba karena geli... -_-

Akhirnya bisa liat bebek raksasa! Kirain warnanya kuning, sama kaya yang ada di Belanda. Tapi..Yaudahlahya..wkwkwk XD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mata Asing

Waktu kita berbaring di atas gemerlapnya pasir pantai malam itu , tiba- tiba kamu mengajukan pertanyaan yang selama ini masih terus kucari jawabannya; "Apa cita- citamu?" "Banyak", cuma itu saja jawabku, karena terlalu susah menjelaskan kalau aku punya segudang cita- cita gila. Misalnya, kerja di NatGeo, jadi penulis, bikin museum dongeng, tourguide , dsb. Singkatnya, banyak! Jujur, aku tidak tahu apa yang benar- benar pandai kukerjakan. Aku bahkan juga bingung kenapa aku belajar mandarin! Jadi, keinginan di atas sepertinya mustahil. Untuk beberapa saat, kita terdiam dalam keheningan sambil menatap lautan bintang yang sepertinya kurang cahaya, bersimpati pada jiwaku yang muram. Aku menoleh memandang matamu yang sedang mengangkasa, mencoba menerka apa yang kamu pikirkan. Mungkin cita- citamu, atau mantan yang baru mencampakkanmu bulan lalu. Setidaknya, sinar bulan puranama yang berpendar dikedua mata besar nan indah itu memberitahuku bahwa aku tak sendiri. Kita

Wawancara dengan Sarwendah Kusumawardhani :)

Pada kesempatan kali ini, saya dan teman saya berkesempatan mewawancarai Sarwendah Kusumawardhani, mantan pemain bulutangkis nasional yang kami temui di tempat pelatihannya di GOR SARWENDAH, Jalan Balai Rakyat. Berikut perbincangan kami. P : Selamat sore, tante. Boleh kami minta waktu sejenak untuk wawancara? J : Oh, iya. Silahkan. P : Sejak kapan tante mulai tertarik dengan dunia bulutangkis? J : Tante mulai tertarik main bulutangkis sejak umur 9 tahun. Kemudian tante mulai belajar diusia 10 tahun, dan mulai bersungguh- sungguh bermain waktu umur 15 tahun saat tante kelas 3 SMP. P : Apa yang membuat tante tertarik dengan dunia bulutangkis ? J : Tante kepengen kayak kakak tante. Dia juara bulutangkis, bahkan kakak sering dikirim keluar negeri dan ikut lomba bulu disana. Tante itu terinspirasi dari kakak. Selain itu kan, orang tua tante kan juga pemain bulutangkis. P : Oooh..Gitu ya. Apa orang tua mendukung tante ? J : Dukung ban

Promnight SMAK 7 BPK PENABUR 2013-2014, 16 Mei 2014

Ah gila! Gak kerasa SMA udah mau selesai (walopun hari ini belom tau sih lulus apa engga). Tiba- tiba udah prom aja. Nah, karena hari ini Jeje masih di Singapur, jadi iik gak nganter dan aku cari tebengan. Seperti biasa, ada dua kandidat, Geraldi dan Ryan. Tapi, berhubung aku deket sama Esther (yayangnya Aldi), jadilah Geraldi yang jadi korban. Hahahaha XP Sebenernya, promnya mulai jam 6. Tapi, namanya juga nebeng, aku ke salon nunggu Esther. Kata Esther sih, Geraldi bakal jemput dia jam 3 sore. Takut macet. Biasa... Jakarta gituloh.. -_- Jam setengah tiga aku udah sampe di My Salon dan Ester lagi didandanin. Eh, disitu aku juga ketemu sama beberapa temen SMAK 7 lainnya. Feli, Seli, & Meryl. Walah.. Pada nyalon disitu toh... Jam tiga Eteng udah selesai dandan, dan kalian tau berapa harganya?!!! 425 ribu! Aku sampe kaget! Lebih- lebih Esther. Padahal cuma rambut sama make up PAC doang. Wow~ Habis salonku buat wisuda cuma Rp 135.000 (make up sama rambut). Sekarang udah jam set