Langsung ke konten utama

Susahnya Jadi Orang Kuat

Setelah aku pikir- pikir, sebenarnya semua ke frustrasianku ini ada baiknya juga. Aku gak nyangka bakal dapat kesempatan belajar di Taiwan dan dapat kerjaan yang baik dan bikin betah.
Dari kecil meskipun aku terlahir dari keluarga yang mapan ( gak susah lah), tapi tetep ada beberapa pengalaman yang kadang membuatku merasa aku tidak berharga, feel unloved, dan terasing.
1. Dari kecil, seingatku TK kali.. Aku sering dihajar, seingatku mungkin nyaris setiap hari. Dan kalau papa marah itu aku bakal dikunci di kamar terus dipukul pakai sapu, rotan, kemoceng, apapunlah... Pokoknya sampe dia puas. Aku dulu nangis bukan karena badan yang sakit, tapi karena luka hati. Sampe suatu hari waktu dihajar, aku gak nangis, dan itu bikin tambah papa kesetanan.
(Aku sekolah di Jakarta juga karena alasan itu sih, supaya jauh2 dari papa)

2. Waktu sekolah SMP, aku milih sekolah di negeri. Kalo gak salah, satu sekolah cuma ada 6 orang yang keturunan Chinese (kelas 1-3) dan belasan orang non muslim. Aku masi inget dikafir2in orang, dikatain DORAEMON, GENDUT (iyasih emang gendut, item lagi...) apalah macem2 pokoknya waktu puasa mau minumpun harus ngumpet dekat wc. Sedih sih dulu, apalagi ada satu guru yang kalau ngomong gak disaring, pokoknya didiskriminasi lah. Sampe capek. Untungnya temen- temenku waktu itu baik- baik.

3. Akhirnya aku sekolah di Jakarta, kembali lagi ke lingkungan yang "homogen". Tapi tetep aja, aku berbeda. Mana kalau ngomong medok, "aku- kamu", suka diketawain. Gakpapa sih bodo amat, kan famous. Tapi pernah tu sakit hati gara- gara dibercandain sama anak cowo sok ganteng tapi berotak udang, dia ngatain gini (pake tatapan menghina lagi); "Ah! Dasar anak kampung!" Sumpaah.. Pokoknya mulai dari saat itu aku giat belajar sampe aku rangking 2, sempet 1 juga...Malu dia ranking buntut! Kalah sama anak kampung! fak!

4. Setelah lulus SMA, aku mutusin ke Taiwan. Tadinya pengen ke China tapi gatot, gaktau susah gitu.. Sebenernya juga nyaris gak dapet visa sampe mohon2 ke kepsek SMA minta buatin surat kelulusan palsu. wkwkwk... Begitulah.. Mukjizat! Aku sampe gakbisa tidur dua minggu. Eh kalian tau? Sesampenya di sini... Doeeengg...
Kesepian banget, gak ada temen.. Makan sendirian... Mana gak ada kerja lagi soalnya belum bisa bahasanya.. Akhirnya nonton Doraemon dari pagi sampe malem walaupun gak ngerti Doraemonnya ngomong apa. Tiap hari kerjaannnya ngelamun... Merasa hari2 kosong...

Emang si aku berhasil memenuhi janji terhadap diri sendiri, "1 tahun harus masuk NTNU. Kalau masi gak keterima balik Indo!" Tapi, setelah masuk malah gak niat belajar mandarin... =.=" Pernah ada satu hari dimana aku pulang sekolah, waktu mau masuk asrama tiba- tiba nangis.. Capek banget rasanya. Mana dah gak pulang 2 tahun.

5. Pengalaman kerja pertama, tahun itu masih umur 18. Aku langsung masuk ke dalam terus ngomong sama bosnya pake bahasa mandarin super cacat, "Bo..bo..boleh kerja sini?" Gak nyangka respon si bos cepat banget. Doi langsung makein apron dan aku kerja DETIK ITU JUGA! Kerja di situ benar- benar gak terlupakan deh! Untuk pertama kalinya aku dikatain idiot, bego, gak punya otak, dll! Dimaki- maki, dan dilecehkan sama anak2 sma taiwan gara2 bahasa mandarinku belom bagus. Seumur idup, gakpernah tu aku digituin orang which it makes me understand kalau kerja itu susah. Akhirnya, setelah dua bulan (libur sehari doank selama dua bulan itu), aku pamit pulang indo.

Semenjak itulah aku tau apa arti dari BANTING TULANG dan
What doesn't kill you make you stronger! wkwk










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mata Asing

Waktu kita berbaring di atas gemerlapnya pasir pantai malam itu , tiba- tiba kamu mengajukan pertanyaan yang selama ini masih terus kucari jawabannya; "Apa cita- citamu?" "Banyak", cuma itu saja jawabku, karena terlalu susah menjelaskan kalau aku punya segudang cita- cita gila. Misalnya, kerja di NatGeo, jadi penulis, bikin museum dongeng, tourguide , dsb. Singkatnya, banyak! Jujur, aku tidak tahu apa yang benar- benar pandai kukerjakan. Aku bahkan juga bingung kenapa aku belajar mandarin! Jadi, keinginan di atas sepertinya mustahil. Untuk beberapa saat, kita terdiam dalam keheningan sambil menatap lautan bintang yang sepertinya kurang cahaya, bersimpati pada jiwaku yang muram. Aku menoleh memandang matamu yang sedang mengangkasa, mencoba menerka apa yang kamu pikirkan. Mungkin cita- citamu, atau mantan yang baru mencampakkanmu bulan lalu. Setidaknya, sinar bulan puranama yang berpendar dikedua mata besar nan indah itu memberitahuku bahwa aku tak sendiri. Kita

Wawancara dengan Sarwendah Kusumawardhani :)

Pada kesempatan kali ini, saya dan teman saya berkesempatan mewawancarai Sarwendah Kusumawardhani, mantan pemain bulutangkis nasional yang kami temui di tempat pelatihannya di GOR SARWENDAH, Jalan Balai Rakyat. Berikut perbincangan kami. P : Selamat sore, tante. Boleh kami minta waktu sejenak untuk wawancara? J : Oh, iya. Silahkan. P : Sejak kapan tante mulai tertarik dengan dunia bulutangkis? J : Tante mulai tertarik main bulutangkis sejak umur 9 tahun. Kemudian tante mulai belajar diusia 10 tahun, dan mulai bersungguh- sungguh bermain waktu umur 15 tahun saat tante kelas 3 SMP. P : Apa yang membuat tante tertarik dengan dunia bulutangkis ? J : Tante kepengen kayak kakak tante. Dia juara bulutangkis, bahkan kakak sering dikirim keluar negeri dan ikut lomba bulu disana. Tante itu terinspirasi dari kakak. Selain itu kan, orang tua tante kan juga pemain bulutangkis. P : Oooh..Gitu ya. Apa orang tua mendukung tante ? J : Dukung ban

Promnight SMAK 7 BPK PENABUR 2013-2014, 16 Mei 2014

Ah gila! Gak kerasa SMA udah mau selesai (walopun hari ini belom tau sih lulus apa engga). Tiba- tiba udah prom aja. Nah, karena hari ini Jeje masih di Singapur, jadi iik gak nganter dan aku cari tebengan. Seperti biasa, ada dua kandidat, Geraldi dan Ryan. Tapi, berhubung aku deket sama Esther (yayangnya Aldi), jadilah Geraldi yang jadi korban. Hahahaha XP Sebenernya, promnya mulai jam 6. Tapi, namanya juga nebeng, aku ke salon nunggu Esther. Kata Esther sih, Geraldi bakal jemput dia jam 3 sore. Takut macet. Biasa... Jakarta gituloh.. -_- Jam setengah tiga aku udah sampe di My Salon dan Ester lagi didandanin. Eh, disitu aku juga ketemu sama beberapa temen SMAK 7 lainnya. Feli, Seli, & Meryl. Walah.. Pada nyalon disitu toh... Jam tiga Eteng udah selesai dandan, dan kalian tau berapa harganya?!!! 425 ribu! Aku sampe kaget! Lebih- lebih Esther. Padahal cuma rambut sama make up PAC doang. Wow~ Habis salonku buat wisuda cuma Rp 135.000 (make up sama rambut). Sekarang udah jam set